Minggu, 03 Juni 2012

Kompetisi Ukir Buah, Mengubah Semangka Menjadi Hiasan Menarik

Buah-buahan, seperti semangka, pepaya, apel dan sebagainya, ternyata tak hanya enak untuk dimakan, namun juga menarik untuk dijadikan hiasan. Trend baru ini pun terus diminati banyak kalangan, sehingga sebuah lomba khusus bagi para penggemar ukir buah pun digelar di kampus UNY Yogyakarta.

Lihatlah hiasan-hiasan menarik yang dipajang di atas meja ini. Bermotif bunga-bunga, batik, binatang dan sebagainya. Sangat rapi dan indah, meski sebenarnya tidak mudah untuk membuatnya. Sangat menarik, meski hanya didominasi warna merah dan putih serta sedikit hijau. Maklumlah, hiasan-hiasan ini memang hanya dibuat dari buah segar, yaitu semangka.

“Sejak tahun 2010, hiasan buah ukir seperti ini memang menjadi trend baru dalam penyajian makanan secara prasmanan pada pesta-pesta pernikahan atau bentuk pesta lainnya,” kata Listuhayu Vie, Koordinator Lomba ini. Karena terus diminati berbagai kalangan, jumlah penggemar seni ukir buah atau fruit carving ini pun terus bertambah dari waktu ke waktu. Seperti terlihat dalam Fruit Carving Competition di kampus UNY, ragam hiasannya pun menjadi semakin variatif dan tidak lagi sekedar bentuk-bentuk standar seperti kubus dan lingkaran. 

Kompetisi yang baru pertamakalinya diadakan di kampus UNY ini diikuti sebanyak 33 peserta, yang tak hanya dari kalangan mahasiswa, namun juga para pelajar SMK di wilayah tersebut. Namun, meski berlabel fruit carving, lomba ini hanya mempertandingkan seni ukir satu jenis buah, yaitu semangka. Meski sejumlah peserta terlihat melengkapi karyanya dengan jenis buah lain, seperti apel, wortel, kurma dan sebagainya.

Meski baru menggeluti ketrampilan ini, karya-karya para peserta ternyata tidak kalah dengan karya ukir buah para profesional yang kebanyakan merupakan pengelola catering. Padahal diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam membuat karya ini, karena bahan yang digunakan membuat ukiran bukan merupakan bahan yang keras. Nah anda berminat mencobanya?. Silakan ekspresikan rasa seni anda dengan buah-buahan segar sesuai selera anda. Jika ditekuni, bukan tidak mungkin, ketrampilan yang lagi jadi trend ini bisa mendatangkan keuntungan ekonomi tersendiri bagi anda. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar